Jenis-Jenis Garansi Laptop yang perlu anda ketahui

Saat ini garansi merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih alat elektronik, karena bisa memudahkan hidup sobat Kana saat terjadi masalah. Garansi elektronik khususnya laptop sendiri ada beraneka macam, dan hal ini perlu diperhatikan dengan lebih jelas. Pernah nggak sih sobat kana perhatikan, garansi apa yang dipunyai laptop Sobat Kana Atau laptop yang akan sobat Kana pilih? Simak ulasan beberapa jenis garansi laptop dari Kana Komputer Yogyakarta berikut.

 

  1. Garansi Resmi

Garansi resmi ini diberikan pada semua laptop yang masuk resmi melalui distributor yang ditunjuk masing-masing brand. Umumnya garansi resmi untuk laptop diberikan selama 2 tahun untuk unit, dan 1 tahun pertama untuk battery. Memang ada beberapa tipe laptop tertentu yang hanya memiliki garansi resmi 1 tahun, namun bukan berarti produk ini tidak resmi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah garansi resmi hanya menanggung kerusakan yang BUKAN disebabkan oleh kesalahan pengguna. Sebagai contoh, apabila battery anda tiba-tiba drop dan tidak bertahan lama, service center akan melakukan pengecekan terlebih dulu. Apabila terdapat indikasi overcharge, maka garansi tidak berlaku pada kasus tersebut.

Sebagai catatan, garansi resmi juga tidak berlaku apabila user secara pribadi melakukan upgrade pada spesifikasi laptop tersebut. Beberapa hal yang sering dilakukan user yang dapat menyebabkan hilangnya garansi resmi antara lain upgrade RAM, ataupun storage baik HDD dan SSD. Pastikan anda melakukan upgrade pada official partner resmi, sehingga garansi anda tidak hilang.

 

 

  1. Asus Perfect Warranty

Pada tahun 2020 ini Asus meluncurkan garansi baru pada setiap line up asus mulai dari E203MAH hingga zenbook, TUF, dan ROG. Garansi ini dikenal dengan sebutan Asus Perfect Warranty (APW), dimana garansi berlaku sekalipun kerusakan yang terjadi akibat kesalahan pengguna. Apabila kerusakan bukan kesalahan pengguna, maka garansi resmi berlaku, tetapi apabila diakibatkan dari kesalahan pengguna maka Asus akan menanggung 80% dari biaya garansi.

 

Sebagai contoh, apabila laptop sobat Kana jatuh sehingga mengakibatkan layar LCD pecah. Misal untuk penggantian LCD diperlukan biaya IDR 1,000,000 – maka user hanya perlu membayar IDR 200,000 dan IDR 800,000 sisanya akan ditanggung oleh Asus.

Perlu dicatat bahwa Asus Perfect Warranty ini berlaku untuk setiap produk Asus mulai tahun 2020, dan berlaku pada satu tahun pertama dalam batas claim max. satu kali saja. Untuk memperoleh Asus Perfect Warranty ini tidak diperlukan adanya tambahan biaya, namun perlu dipastikan bahwa anda  melakukan transaksi di Asus Official Partner seperti Kana Komputer.

 

  1. Accidental Damage Protection

Accidental Damage Protection (ADP) merupakan salah satu garansi yang menanggung kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan pengguna, seperti misalnya laptop terkena tumpahan air. Garansi ADP ini ditawarkan secara gratis oleh Lenovo Indonesia untuk setiap transaksi pada Lenovo Official Partner.

Sedikit berbeda dengan APW, ADP ini diberikan pada laptop tipe tertentu saja namun memberikan perlindungan secara utuh. Dalam artian, apabila ada kerusakan laptop akibat kesalahan pengguna, maka pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaiki kerusakan. ADP Lenovo berlaku selama 2 tahun masa garansi, dan dapat diklaim berulang kali, hanya saja ADP ini hanya diberikan pada beberapa tipe laptop tertentu seperti C340, L340, seri Legion.

Nah, biar sobat Kana Komputer ga bingung, berikut perbandingan Asus Perfect Warranty dan Accidental Damage Protection Lenovo.

 

Asus Perfect Warranty

Lenovo Accidental Damage Protection

Garansi akibat Kesalahan Pengguna

Masa berlaku

1 tahun

2 tahun

Biaya ditanggung brand

80%

100%

Jumlah claim

1x

>3x

Tipe Laptop

semua tipe

tipe tertentu

 

  1. Lenovo Premium Care

Lenovo premium care merupakan jenis garansi lain yang diberikan untuk melakukan perbaikan yang BUKAN merupakan kesalahan pengguna. Berbeda dengan garansi resmi dimana pengguna harus membawa unit ke service center terdekat, Premium Care menawarkan jasa layanan service on-site. Garansi ini dapat diperoleh secara gratis untuk tipe laptop premium seperti misalnya C340 dan Legion series. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah, garansi ini tidak mencukup area di seluruh Indonesia, sehingga pastikan lebih lanjut untuk coverage dari premium care di kota anda.

  1. Extended Warranty

Extended warranty ini merupakan perpanjangan garansi dari masa berlaku normal yang diberikan dari masing-masing brand secara berbayar. Secara nominal, harga yang ditawarkan untuk menambah masa garansi berbeda di setiap brand. Extended warranty ini juga hanya didapatkan pada official partner setiap brand.

 

  1. Garansi Toko

Garansi toko diberikan berdasarkan kebijakan masing-masing toko, seperti contohnya garansi replace produk yang cacat selama periode tertentu. Hal yang perlu dipastikan adalah pastikan bahwa sobat Kana tidak hanya mendapat garansi toko, TANPA mendapatkan garansi resmi brand karena bisa jadi barang tersebut bukan merupakan barang baru, bukan original, barang blackmarket/curian, dan parahnya barang refurbish.

 

Nah, sobat Kana masih bingung seputar garansi atau laptop baru yang dipilih? Jangan ragu kontak Kana Komputer lebih lanjut, pasti dibantu dengan senang hati. Satu yang jelas, pastikan laptop anda merupakan produk bergaransi resmi daripada bermasalah saat mengalami kendala. Tentunya Kana Komputer Yogyakarta hanya menjual barang BARU, ORIGINAL, dan BERGARANSI RESMI. Jadi percayakan pencarian laptop anda di Kana Komputer (DEKAT-HEMAT-BERSAHABAT)

Share This Article :

One thought on “Jenis-Jenis Garansi Laptop yang perlu anda ketahui”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *