BOCORAN ASUS ROG 2023

Tahun 2023 ini merupakan tahun spesial untuk perkembangan teknologi, dimana refreshment tidak hanya terjadi pada processor (CPU) saja melainkan juga terdapat pada graphic card (GPU). Tahun 2023 ini akan diisi oleh Intel Gen 13 dan AMD Ryzen 7000 series yang akan diawali untuk H series untuk processor dan NVIDIA RTX 40 series yang tentunya membuat pengalaman bermain game yang semakin mantap. Intel Gen 13 Raptor Lake masih memiliki arsitektur yang serupa dengan Gen 12 dengan maksimal 14 cores  6P cores dan 8E cores, sementara AMD Ryzen 7000 series digadang-gadang akan memiliki 16P cores. Untuk NVIDIA RTX 40 series dengan arsitektur Ada Lovelace akan mengusung efisiensi, sehingga dengan jumlah cuda cores yang minimal dapat memberikan boost clock yang lebih tinggi.

Kalau bicara spesifikasi upgrade, sudah pasti didapat disetiap gaming dan sub gaming brand seperti Asus ROG, Asus TUF, Lenovo Ideapad Gaming, Lenovo Legion, HP OMEN, Victus, serta MSI, tetapi yang bocoran yang lebih menarik ialah seputar built in quality dan fitur upgrade. Kali ini Kana Komputer Yogyakarta sebagai satu-satunya Official ROG Store di Jawa Tengah dan Yogyakarta mau berbagi sedikit bocoran untuk Asus ROG dan TUF Gaming 2023.

.

ROG Scar dan Strix

Dari segi performance, Asus memiliki line up ROG Scar G533 dan Strix G513 yang tentunya masih dengan full TDP dan TGP sehingga memberikan performa yang maksimal. Tahun 2023 ini penambahan fitur ada pada Nebula Display yang memberika tingkat kecerahan layar optimal hingga 500 nits, sehingga tampilan display FHD semakin mendekati display OLED dan masih memiliki refresh rate optimal untuk gaming kompetitif. Selain itu pada line up Scar dan Strix, akan memilliki Triple Fan! Ya, tidak salah dengar, bukan salah ketik, tetapi di tahun 2023 ini line up Scar dan Strix akan memiliki Triple Fan dan bukan Dual Fan lagi, sehingga heat issue tidak menjadi soal meski dengan upgrade CPU dan GPU.

Tidak hanya itu, untuk ROG Scar juga dilengkapi dengan Aura Sync Thermal lighting di bagian belakang hinge dan tentunya dapat diatur pada armoury crate. ROG Keystone pun masih menjadi fitur ikonik untuk ROG Scar sehingga penyimpanan personalisasi dapat dengan mudah dipindahkan dari satu ke unit laptop yang lainnya.

Special comeback! Hal lain yang menarik pada ROG Strix adalah kembali processor Intel mengisi line up ROG Strix, setelah 2 tahun ROG Strix G512/G513 hanya didominasi oleh AMD Ryzen. Para penggemar intel kembali dapat merasakan performa optimal dari ROG Strix 2023.

.

ROG Zephyrus

Line up thin and light gaming masih diisi oleh ROG Zephyrus G14, G15, dan Zephyrus M16. Anime Matrix yang pada 2 tahun terakhir hanya eksklusif untuk zephyrus G14 saja dengan processor AMD Ryzen, pada tahun 2023 ini akhirnya penggemar Intel juga dapat menikmati Anime Matrix pada Zephyrus M16. Sementara untuk Zephyrus G15 masih identik dengan holographic dots pada bagian cover. Display ROG zephyrus ini juga akan dilengkapi dengan Nebula Display dengan tingkat color gamut yang masih konsisten menggunakan parameter DCI-P3. Warna special juga akan hadi melengkapi line up ROG Zephyrus, yaitu Cosmic Rays.

Zephyrus M16 Anime Matrix

.

ROG Flow dan Zephyrus Duo

Line up inovasi masih merupakan identitas utama dari Asus ROG Gaming yang setiap tahunnya memberikan warna baru untuk dunia gaming, dan tentunya belum ada di brand competitor lainnya. Zephyrus Duo dengan 2 layar (touchscreen pada secondary screen) serta ROG Flow untuk gaming touchscreen masih menjadi dua line up utama pada segmen Inovasi.

ROG Flow memiliki dua form factor yang berbeda  yaitu ROG Flow X13 untuk gaming touchscreen yang ditenagai oleh AMD Ryzen dan ROG Flow Z13 untuk gaming touchscreen dengan detachable keyboard yang masih ditenagai oleh Intel. Pada tahun 2023 ini, keduanya mendapat upgrade dari sisi cooling system dengan vapor chamber untuk memberikan pendinginan yang optimal dan secara tampilan logo ROG akan menjadi lebih eksklusif  dengan segitiga pada bagian ujung laptop. Nebula Display pun juga akan melengkapi performa dari ROG Flow.


.

TUF Gaming

Untuk para pencari value gaming, tenang saja karena TUF gaming pun tidak terlewat dari perbaruan pada tahun 2023. Dari tahun ke tahun, beberapa end user mengeluhkan color gamut TUF gaming yang relatif rendah dengan 62.5% sRGB, tetapi untuk tahun 2023 ini akan menjadi berbeda dengan 100% sRGB. Tentunya untuk value gaming, ini menjadi upgrade yang cukup tinggi setelah pada tahun 2022 lalu upgrade performa juga didapat dengan full power TGP pada GPU. Military Grade Standar juga masih akan menjadi salah satu sertifikasi yang mengisi TUF Gaming, dan secara tampilan, logo TUF akan hadir dengan nuansa embossed atau diberikan kesan timbul sehingga nampak lebih eksklusif.

.

.

.

Spesifikasi dan Pricing 2023

Untuk line up Indonesia masih belum ada kepastian mengenai varian untuk masing-masing segmen dan SKU, begitu pula dengan pricing detail. Hanya saja perlu dicatat, bahwa tahun 2023 ini secara spesifikasi ada upgrade dari sisi processor (CPU) dan Graphic Card (GPU), dan secara umum ada upgrade Triple Fan Cooling System, Nebula Display, Vapor Chamber, serta peningkatan Color Gamut. Nah, menurut mimin sih, ada baiknya menjaga ekspektasi peningkatan harga sekitar 5-10% dibadingkan dengan seri sebelumnya di tahun 2022.

Pertanyaan berikutnya yang selalu tidak pernah lepas dari sobat Kana yaitu “Min, berarti line up 2022 bakal turun harga dong?”. Nah, coba dicek dengan promo yang ada di Kana Komputer Yogyakarta, tentunya bukan promo yang biasa, dan kalau masih ada yang beranggapan kalau masih akan turun lebih dalam lagi, pesan mimin cuma satu. “Jangan sampe keabisan duluan deh”.  Semoga informasi diatas bermanfaat buat para sobat Kana yang masih harap-harap cemas nungguin line up baru Asus ROG, dan kalau masih ada yang kurang jelas, langsung aja contact kami.

Share This Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *