HP Pavilion Gaming dan OMEN 2020 Spesifikasi Mantap Harga Bersaing

Quarter 3 ini merupakan surga bagi para penikmat teknologi terbaru, karena dari semua brand memberikan produk-produk terbaru bagi dari line up consumer maupun line up gaming. Akhirnya HP sudah launch produk bulan pada tanggal 14 Juli 2020 baik untuk pavilion gaming dan OMEN 2020, walau bukan berarti barang sudah tersedia di Indonesia. Untuk line up pavilion gaming akan tersedia di Kana Komputer pada bulan Agustus dan line up OMEN akan tersedia pada bulan September 2020. Masih penasaran gimana spesifikasi masing-masing SKU dan SKU apa aja yang akan rilis di Indonesia? Yuk intip spesifikasi rilis Indonesia berikut.

Physical Appearances

Kedua line up gaming HP ini memiliki warna shadow black, yang membedakan adalah logo hp dan logo baru OMEN warna biru. Gaming line up HP ini dilengkapi dengan fitur narrow bezel pada ketiga sisi layar dengan screen to body ratio sebesar 80% sehingga memberikan kesan tipis.

 

OMEN

Pavilion Gaming

Dimensi (cm)

35.79 x 23.97 x 2.25

36.0 x 25.6 x 2.34

Berat (kg)

2.36

2.23

Berbeda dengan OMEN 2019 dengan hinge ditengah, OMEN 2020 memiliki 2 hinge di kiri dan kanan laptop sementara pavilion gaming masih memiliki hinge di bagian tengah laptop. Memudahkan work/study from home, tentunya laptop ini juga sudah dilengkapi dengan webcam.

Keyboard OMEN (kiri) dan pavilion gaming (kanan)

Keyboard line up gaming HP sudah dilengkapi dengan fitur anti ghosting yang dapat meningkatkan akurasi pada gaming experience. Konfigurasi keyboard untuk OMEN dan pavilion gaming pun tidak memiliki perbedaan signifikan, dan dilengkapi dengan arrow button yang compact. Konfigurasi berbeda dapat ditemukan pada line up Intel dan AMD, dimana numpad akan ada untuk line up intel sementara TenKeyLess (TKL) keyboard akan digunakan pada line up AMD. Disisi lain perbedaan OMEN dapat terlihat pada 4 zone RGB backlit keyboard dan single color backlit keyboard pada pavilion gaming.

Display

OMEN 15 memiliki layar 15.6” FHD IPS anti-glare screen dengan NTSC 72% atau setara dengan 99% sRGB, sehingga memungkinkan user untuk menikmati akurasi warna yang tinggi. Sementara pavilion gaming memiliki layar 15.6” FHD IPS anti-glare screen dengan NTSC 45% atau setara dengan 63% sRGB. Kedua line up gaming tersebut memiliki response time layar pada 7ms, tetapi perbedaan ada pada tingkat kecerahan layar dimana OMEN dilengkapi dengan 300 nits, sementara pavilion gaming dilengkapi dengan 250 nits.

Inside Look

Cooling system untuk OMEN dan HP Pavilion Gaming dilengkapi dengan dual fan di kedua sisi, 3 heatpipes dan exhaust di bagian belakang, kanan, dan bawah laptop memungkinkan pendinginan yang optimal dan merata. Untuk OMEN exhaust di bagian belakang merata sepanjang chasis unit, sementara exhaust untuk paviliion gaming berada di belakang kanan dan kiri saja.

 

 

Exhaust bagian bawah Pavilion Gaming (kiri) dan OMEN (kanan)

Upgrade-ability juga menjadi salah satu aspek yang dicari untuk gamer ataupun content creator saat ini, sehingga kedua segmen gaming HP ini memiliki 2 slot soddimm tanpa onboard sodimm, sehingga kedua RAM dapat diupgrade. Untuk line up RAM 16gb, akan tersedia dalam 2 sodimm 8gb sehingga untuk melakukan upgrade perlu replace salah satu RAM, sementara line up RAM 8gb akan tersedia dalam 1 sodimm 8gb sehingga upgrade bisa dilakukan dengan menambahkan RAM.

Inside look Pavilion Gaming (kiri) dan OMEN (kanan)

Upgrade-ability dari sisi storage sedikit berbeda untuk OMEN dan HP Pavilion gaming. Untuk OMEN tersedia 2 slot SSD PCIe NVME tanpa slot HDD , sehingga penambahan storage bisa dilakukan dengan menambahkan SSD PCIe NVME. Sementara untuk pavilion gaming hanya tersedia 1 slot SSD PCIe NVME yang sudah terpasang dengan additional 1 slot HDD internal.

Battery

Untuk mendukung penggunaan notebook dengan kegunaan portability, OMEN dilengkapi dengan 70.9 watt hours battery sementara untuk pavilion gaming dilengkapi dengan 52.5 watt hours battery. Keduanya juga telah dilengkapi dengan fitur fast charging yang memungkinkan battery untuk mencapai 50% dalam waktu 45 menit saja.

I/O Port

Port OMEN dan pavilion gaming 2020 ini rata di bagian kanan dan kiri, sementara port thunderbolt 3 dapat ditemukan pada line up OMEN dengan GPU RTX pada SKU Intel aja dan SKU AMD tidak memiliki port thunderbolt 3.

Port OMEN 2020 rata pada bagian kiri dan kanan laptop.

Port Pavilion Gaming 2020 rata pada bagian kiri dan kanan laptop

OMEN Command Center

Untuk menunjang performa OMEN 2020, HP memberikan OMEN command center dimana user dapat mengubah setting mulai dari konfigurasi performa, fan speed, pengaturan RGB keyboard, system vital, maupun network booster.

Others

Line up gaming OMEN dan HP Pavilion gaming saat ini sudah dilengkapi dengan Office Home and Student (OHS) original dan garansi yang baru diperkenalkan HP pada tahun 2020, yaitu Accident Damage Protection (ADP). ADP merupakan salah satu garansi yang menanggung kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan pengguna, seperti misalnya laptop terkena tumpahan air. Garansi ADP ini ditawarkan secara gratis oleh HP Indonesia untuk setiap transaksi pada HP official partner selama 2 tahun. Seputar garansi lain bisa dicek lebih lanjut pada blog Kana.

HP Gaming Line Up

Berikut spesifikasi gaming line up HP batch pertama pada Quarter 3 2020

Loh? Koq ga ada line up pavilion gaming 60hz dengan sRGB layar 100%? Untuk batch pertama launching OMEN dan pavilion gaming hanya tersedia 8 SKU dengan detail seperti diatas. SKU pavilion gaming 60 hz dengan sRGB layar 100% akan tersedia pada batch berikut.

Nah, informasi lengkap seputar OMEN dan HP Pavilion Gaming beserta harga sudah tertera dengan jelas. Masih perlu piker dua kali sebelum mengambil line up gaming HP? Stock pasti sangat terbatas, sehingga jangan ketinggalan dan kehabisan stock belakangan. Tentunya seluruh line up tersebut tersedia di Kana Komputer Yogyakarta, Official HP Partner.

 

Kana Komputer

Dekat – Hemat – Bersahabat

 

Share This Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *