Legion 5/5i Tetap Dingin dengan Performa Optimal

2020 merupakan tahun perkembangan bagi line up gaming Lenovo yang terus mengeluarkan inovasi dan produk baru. Setelah memiliki fanbase dari Legion Y540, Y545, dan Y740, pada Q2 2020 Lenovo mengeluarkan sederet line up gaming baru yang dikenal dengan Legion 5 dan Legion 5i. Line up Legion intel 10th gen diperkenalkan dengan nama Legion 5i, sementara line up Ryzen Renoir 4000 series diperkenalkan dengan  nama Legion 5. Kana Komputer sebagai official lenovo partner di Yogyakarta mendapat kesempatan terdepan untuk melakukan pre-order produk gaming terbaru Lenovo.

Line up gaming 2020 ini tidak hanya didukung dengan processor terbaru dari AMD maupun Intel, tetapi juga didukung dengan RAM speed 3200mhz dan SSD M.2 2280 PCIe NVMe untuk menunjang performa. Dari segi tampilan, Legion 5/5i dilengkapi dengan layar FHD IPS dengan refresh rate 144hz untuk line up dengan Ryzen 7-4800H dan Intel Core i7-10750H. Gaming experience pun jadi lebih sempurna dengan Harman Kardon speaker system serta Dolby Atmos headphone support. Gamers mobile pun tak perlu kawatir kehabisan battery, karena legion 5/5i memiliki battery dengan kapasitas 60 watt hours. Ketika perlu untuk melakukan penghematan battery, user bisa menonaktifkan dedicated VGA pada software Lenovo Vantage.

 

 

Cooling System

Setiap laptop gaming tentunya perlu didukung dengan cooling system yang baik untuk menunjang performa, ketika suhu terlalu tinggi akan terjadi thermal throttling. Legion 5/5i dilengkapi dengan fitur cold front 2.0 serta desain chasis bagian bawah untuk memungkinankan pendinginan optimal. Fitur ini meningkatkan sinergi dari hardware dan software untuk menghasilkan air flow yang lebih baik dan menurunkan temperatur laptop. Fitur lain ialah dual burn support untuk mengoptimalkan performa CPU dan GPU, sehingga user dapat merasakan FPS (frame per second) yang stabil tanpa efek samping dari thermal throttling. Disisi lain Legion 5 juga dapat menjaga temperatur unit pada performa optimal karena posisi dual fan yang sama besar di kedua sisi laptop, sehingga tidak terkumpul pada satu sisi terutama dekat dengan motherboard.

Upgrade-ability

Setiap sparepart pada legion 5 dan legion 5i ditutup dengan pelindung alumunium seperti terlihat pada gambar diatas. Slot tambahan secara optional bisa difungsikan untuk HDD internal 2.5” ataupun SSD NVME, dan user tidak perlu kawatir karena konektor HDD sudah termasuk dalam kelengkapan unit.

True Strike

Salah satu keunggulan utama dari Lenovo yang hadir di seri Thinkpad maupun Thinkbook adalah keyboard yang memberikan pengalaman ekstra nyaman. Fitur ini yang diadaptasi dan dilengkapi dengan teknologi true strike dalam line up gaming Legion 5/5i yang tentunya menunjang performa secara keseluruhan. True strike memberikan pengalaman 100% anti-ghosting, sub mili-second response time, dan soft-landing switches yang dapat meningkatkan akurasi pada gaming experience. Satu hal yang berbeda dibanding Legion Y540 dan Y545, adalah tombol record pada keyboard yang sudah tidak ada pada legion 5/5i dan munculnya tombol home – end – pgup – pgdown secara terpisah setelah sebelumnya digabung dengan arrow button.

 

  1. USB 3.1
  2. Audio/mic
  3. Ethernet
  4. USB-C 3.1 (DisplayPort)
  5. 2 x USB 3.1
  6. HDMI
  7. Power connector
  8. Security-lock slot
  9. Power indicator
  10. Novo button
  11. USB 3.1

 

 

Experience

Secara fisik, ada beberapa perubahan dibanding dengan Legion seri Y540 dan Y545. Tekstur pada top casing sudah tidak dapat ditemukan pada Legion 5/5i. Webcam masih dapat ditemukan pada legion 5/5i dengan posisi diatas screen dimana sebelumnya posisinya ada di bawah screen, tentunya memudahkan user daalam WFH ataupun SFH. Secara port, masih sama seperti sebelumnya dimana port didominasi pada posisi dibelakang unit sehingga tidak mengganggu user dalam penggunaan laptop. Berbeda dengan Yoga Slim 7, Legion 5/5i ini belum dilengkapi dengan port thunderbolt.

Others

Line up terbaru dari Legion tentunya didukung dengan garansi terbaik dari Lenovo yaitu Accident Damage Protection (ADP) dan Premium Care selama 2 tahun, yang tentunya memberikan rasa aman bagi user. Garansi ADP menanggung kerusakan pada laptop yang diakibatkan karena kelalaian pengguna, dan premium care memudahkan user untuk mendapatkan support on-site. Tidak hanya dari segi garansi, user juga memperoleh Office Home and Student original yang berlaku seumur hidup pada laptop ini.

Spesifikasi, fitur, dan fisik sudah dibahas nih sobat kana, kalau masih ada pertanyaan, bisa langsung menghubungi kami melalui support online. Buruan mampir ke Kana Komputer Yogyakarta untuk melihat langsung fisik dari legion 5/5i.

 

Kana Komputer

Dekat – Hemat – Bersahabat

Share This Article :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *